Disnakertrans Kabupaten Mamberamo Tengah Latih Tenaga Siap Pakai

KOBAKMA-Dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar pelatihan untuk tenaga siap pakai bagi masyarakat Distrik Kobakma di Aula BPKAD, Kamis (17/12/20).

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah Mesir Yikwa, S.Ap, dalam sambuatnnya mengatakan pelatihan ini sangat penting sehingga mengikuti dengan baik, supaya bisa memahami apa yang disampaikan oleh pelatih.

“Pelatihan ini menghasilkan profesi yang mendatangkan penghasilan keluarga, pemerintah membuat program seperti ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja secara mandiri untuk mengatur sendiri tanpa tergantung kepada siapapun, penghasilan yang didapat dari profesi yang akan digeluti tidak sepenuhnya juga untuk pemerintah tetapi sebagian besar untuk menafkai kehidupan keluarga” ujarnya.

Sementara kepala Dinas Disnakertrans Kabupaten Mamberamo Tengah Asep Yikwa, S.KM dalam laporannya mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menyiapkan tenaga-tenaga siap pakai di berbagai sektor usaha seperti perbengkelan, mebeleur, percetakan batu-bata dan batu tela dan lain-lain, kami hanya membangun niat mereka, setelah pelatihan ini mereka mau terjun ke jenis usaha apa sesuai niat mereka, kata Asep Yikwa.

Nampaknya pelatihan kali ini tidak hanya di dalam ruangan namun peserta langsung diterjunkan ke salah satu jenis usaha mebeuler untuk mereka dilatih dan dibina. Pihaknya memilih jenis pekerjaan ini mengingat potensi bahan lokal kayu dan tempat-tempat jenis usaha yang ada di tempat ini, boleh saja peserta dilatih di BLK di luar daerah tetapi karena pandemi covid-19 dan juga keterbatasan anggaran, lanjut Asep Yikwa.

Bagikan melalui: