DPMK Kabupaten Mamteng Bangun Tiga Kantor Kampung

KOBAKMA-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) membangun tiga kantor kampung yang permanen dan semi permanen, masing-masing Kampung Gimbis, Broges dan Saralema di  Distrik Kobakma. Kepala DPMK Kabupaten Mamteng, Amar Pagawak, S.Pd., M.AP mengatakan, tiga  kantor kampung yang dibangun ini semuanya menggunakan dana desa tahun anggaran 2020/2021.
 “Saya bersyukur kepada Tuhan dalam kepemimpinan kurang lebih 1 tahun ini bisa membangun kantor kampung yang cukup mewah, permanen dan semi permanen di daerah pedalaman Papua,” ujar Amar Pagawak usai meninjau pembangunan tiga kantor kampung di Distrik Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah, Rabu (8/9) lalu.
Dia menjelaskan, dana desa dari Kementerian Desa langsung di transfer masuk ke rekening 59 kampung yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah. “Kita DPMK hanya memberikan rekomendasi untuk mencairkan dana sesuai dengan program pembangunan yang sudah masuk musrenbang kampung,” ucapnya.
Menurutnya, dana desa yang digunakan untuk membangun kantor kampung cukup besar karena pembangunan di daerah pedalaman Papua bahan bangunan cukup mahal. Dana desa dari kementerian turun ini sesuai dengan jumlah penduduk, salah satunnya kampung gimbis yang sudah dibangun kantor kampung yang permanen. “Terima kasih Pemerintah Republik Indonesia yang begitu memberikan dana cukup besar di pedalaman Provinsi Papua,” katanya.
“Bukti pemberian dana cukup besar di pedalaman Papua itu dibangun kantor kampung permanen oleh kepala kampung gimbis, Distrik Kobakma",  jelas pagawak. Selain itu, kata Amar, ada 2 kampung di Distrik Ilugwa juga membangun kantor Kampung yang permanen. Sementara itu, Kepala kampung Gimbis, Audi Pagawak, mengatakan pembangunan kantor kampung yang permanen menggunakan dana desa tahun 2021.
Menurutnya, semua ruang kerja kepala kampung, sekretaris dan perangkat lain sudah disiapkan, nanti dana desa tahun anggaran 2022 kami siapkan meubeler dan komputer. “Jadi tahun 2021 dana desa kita gunakan untuk pembangunan fisik kantor kampung,” kata Audi Pagawak didampingi perangkat Kampung Gimbis. Dikatakan, pembangunan kantor kampung di daerah pegunungan Papua tidak kalah jauh dengan kampung – kampung yang berada di kota besar, kesannya.
 

Bagikan melalui: