Gubernur Lukas Resmikan Rumah Sakit dan Delapan Puskesmas di Mamberamo Tengah

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak saat menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit Lukas Enembe di Kobakma,Jumat (12/11) lalu


KOBAKMA-Peringatan Hari Ulang Tahun Kesehatan Nasional ke-57 terasa istimewa bagi Kabupaten Mamberamo Tengah.
Pasalnya di hari yang bersejarah itu,Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan RSUD Tipe D Pratama dan delapan Puskesmas di Kota Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Jumat (12/11) lalu.
Rumah sakit yang diresmikan itu diberi nama Lukas Enembe.
Kedelapan  puskesmas yang diresmikan yaitu Puskesmas Kelila, Kobakma, Ilugwa, Yikwanak, Dogobak, Uganda, Yabendili dan Dogobak.
Sedangkan 5 kantor kampung yang diresmikan diantaranya Kampung Dokle, Seralema, Gimbis, Broger dan Luarima yang berada di Distrik Kobakma.
Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya,mengatakan, rumah saki ini adalah unik karena menggunakan namanya.
“Terima kasih untuk doa – doa dari seluruh masyarakat Papua. Saya dipercayakan membangun Papua. Tetapi saya tidak mampu. Banyak hambatan dan tantangan. Kenapa harus diberikan nama rumah sakit Lukas Enembe? Ini luar biasa,” ujarnya sambil meneteskan air mata.
“Adik Bupati (Ricky Ham Pagawak) sudah lakukan yang terbaik untuk Mamberamo Tengah. Saya pikir apa yang dibangun dan bermanfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat kita aspek kesehatan sudah sangat dibutuhkan,” katanya.
Gubernur berharap dengan gedung yang bagus ini,dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Di kesempatan itu, 
"Saya minta kepala dinas kesehatan Provinsi untuk melengkapi fasilitas di rumah sakit ini,"ucapnya.
Sementara itu, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) mengatakan,mengapa sampai dirinya memberikan nama RSUD Lukas Enembe disebabkan beberapa faktor seperti dirinya adalah kader alumni yang dibesarkan oleh Pak Gubernur di Manado. Itu dasar pertama. 
"Kedua dalam gereja, beliau adalah senior saya. Ketiga nama Lukas Enembe itu juga diberikan oleh orang Mamberamo Tengah. Yang lebih penting adalah Nabi Lukas dalam injil Lukas adalah Tabib, kalau sekarang dibilang dokter,”ujarnya.
Bupati RHP bersyukur atas rencana Tuhan yang indah ini.
"Puji Tuhan, karena rencana Tuhan selalu merencanakan yang indah sebab ada nama Lukas di Alkitab adalah tabib atau dokter. Sehingga saya sebagai Bupati berpikir rumah sakit ini layak diberi nama Lukas Enembe,” imbuhnya.
Dia menambahkan,masyarakat Mamberamo Tengah dalam lingkup dua periode memberikan dukungan 100 persen kepada pasangan Lukmen. Sekalipun saat itu ada sahabatnya juga yang maju sebagai Gubernur.
“Itulah alasannya mengapa rumah sakit ini saya beri nama RS Lukas Enembe,” tandasnya.
Bupati RHP mengapresiasi kehadiran Gubernur Lukas dan istri di pusat kota masuknya injil di Pegunungan Tengah.
“Dari injil itu yang akan jaga kaka. Injil itu adalah kekuatan kaka dan kami berdoa dimasa jabatan sisa dua tahun ini Tuhan akan kawal, jaga dan lindungi. Tuhan lebih besar daripada yang lain dan itu doa dan harapan kami,” ucapnya yang disambut isak tangis penuh haru Gubernur Lukas Enembe dan mama Yulce W. Enembe.
Dikesempatan itu, sebagai Bupati, dirinya mengucapkan terima kasih kepada mama terkasih Yulce W. Enembe yang selalu jaga Kaka, Bapa dan pemimpin Gubernur dalam menjalankan tugas Negara.
“Terima kasih juga kepada ajudan setia Gubernur bersama semua yang selalu mendampingi dan menjaga Gubernur serta beberapa pejabat provinsi yang selalu setia dan mengawal orang nomor satu di atas tanah ini,” imbuhnya.

Bagikan melalui: