Bupati RHP Serahkan Bantuan Bagi 35 Koperasi Di Kobakma

KOBAKMA-Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan bantuan dana hibah bagi koperasi-koperasi yang ada di kabupaten ini. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) kepada perwakilan koperasi di Aula BKPLA Kobakma Mamberamo Tengah, Jumat (3/6/2022).

Pemberian bantuan disaksikan langsung pengurus koperasi,Sekda Mesir Yikwa dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mamberamo Tengah Aruam Pagawak, M.Si.

Bupati RHP mengatakan, bantuan hibah ini bersumber dari dana otonomi khusus yang diperuntukkan bagi koperasi yang dikelola orang asli Papua. "Koperasi-koperasi yang mendapatkan bantuan berjumlah 35 tersebar di lima distrik, dimana setiap koperasi mendapatkan bantuan seratus juta rupiah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Pagawak meminta koperasi-koperasi yang mendapatkan bantuan hibah ini untuk mengelolanya dengan baik. "Jika setiap koperasi yang mendapatkan bantuan mampu mengelola dana dengan baik sehingga koperasinya berkembang,maka pada tahun mendatang pemerintah akan memberikan bantuan yang lebih besar lagi,"ucapnya.

"Dalam mengembangkan koperasi memang hal ini cukup sulit.Namun sebagian besar koperasi berasal dari gereja, tentunya saya yakin bantuan dapat dikelola dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,dengan begitu mereka bisa keluar dari kemiskinan dan ketertinggalan,"tambahnya.

Bupati dua periode ini meminta Dinas Koperasi dan UKM untuk ikut melakukan pendampingan dan pengawasan bagi koperasi-koperasi ini dan juga pengawasan dan pendampingan dilakukan Dinas Koperasi dan UKM agar koperasi bisa berkembang dan maju. Karena dalam pengelolahannya koperasi tidak bisa berjalan sendiri oleh karena itu perlu ada pendampingan dan pengawasan dari dinas teknis,"tuturnya.

Bagikan melalui: