DPRD Mamteng Periode 2019 -2024 Resmi Dilantik

Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yajid SH,MH Saat melantik 20 anggota DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah di Aula Bogo, Jumat (6/12) lalu.

KOBAKMA – Sebanyak 20 anggota DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) periode 2019-2024 resmi dilantik. Prosesi pelantikan dan pegambilan sumpah janji para wakil rakyat itu dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yajid SH,MH di Aula Bogo, Jumat (6/12) lalu.

Dari 20 orang anggota DPRD yang dilantik itu, mayoritas diisi wajah – wajah baru. Mereka yang dilantik masing-masing Hengky Dani Jikwa, Marmin Jikwa, Mina Jikwa, Anis Doga, Theo Halye Baminggen, Nathan Dabi, Doris Gombo, Piter Togodly, Samadi Karoba, Otina Gombo, Otho Pugumis, Leonard Doga, Baren Sibak, Huluk Soklayo, Yos Bistelek, Israel Kuts, Pagawak Husain, Abu Gombo, Yotius Jikwa, dan Yulius Tabuni. Pelantikan anggota DPRD itu disaksikan langsung Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH, M.Si, Wakil Bupati Yonas Kenelak, S.Sos, Sekda Mesir Jikwa, S.AP dan Muspida bersama seluruh kepala SKPD.
Bupati Ricky Ham Pagawak meminta anggota DPRD yang sudah dilantik agar memperjuangkan asirasi masyarakat dari daerah pemilihan masing-masing dan tidak melupakan rakyat yang memilihnya. Pasalnya, rakyatlah yang memberikan suara mereka kepada setiap anggota legislatif untuk bisa duduk di DPRD Mamberamo Tengah periode 2019-2024. Untuk itu, bupati dua periode ini meminta seluruh anggota DPRD untuk selalu berada di Kabupaten Mamberamo Tengah dalam melakukan tugas-tugasnya. “Jangan mengulangi kembali apa yang sudah terjadi pada periode lalu.Rapat-rapat, misalnya harus dilaksanakan di ibukota kabupaten, Kobakma. Ini saatnya untuk tetap berada di tengah-tengah rakyat, mendengarkan dan menyuarakan aspirasi untuk membangun rakyat dan Kabupaten Mamberamo Tengah,” ujarnya.
Menurutnya, pada pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024 ada yang terasa istimewa sebab saat dilantik ada tiga perempuan. Ini menunjukan sejarah telah terjadi, bahwa ada tiga perempuan yang duduk di parlamen, dari sebelumnya hanya dua. Bahkan saat ini perempuan atas nama Mina Jikwa dipercayakan menjadi ketua DPRD sementara. “Ini menunjukan kebangkitan bagi perempuan Lani, yang secara perlahan-lahan mulai maju untuk bisa sejajar dengan laki-laki di DPRD,” jelasnya.
Bupati yang akrab disapa RHP ini meminta, anggota DPRD yang baru dilantik untuk bersinergi dengan pemerintah dalam membangun rakyat Mamberamo Tengah agar lebih maju dibanding sebelumnya. Bupati juga meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Mamberamo Tengah untuk memberikan dukungan penuh kepada anggota DPRD untuk bekerja.
Sementara Ketua DPRD Periode 2014 -2019, Berius Kogoya mengatakan selama lima tahun para wakil rakyat sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan beban yang cukup besar di kabupaten yang berjuluk kota biru itu. “10 tahun secara pribadi sudah menjalani bersama dalam sistem pemerintahan kabupaten Mamteng. Tahun 2009 -2014 dan tahun 2014 -2019 sebagai anggota DPRD dan menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi A dan menjadi ketua DPRD selama lima tahun, Yang mendapat dukungan dari keluarga dan masyarakat,”tuturnya. Sementara Hengki Dani Jikwa, salah satu anggota DPRD yang dilantik mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan rakyat.”Kami siap memperjuangkan aspirasi rakyat dalam lima tahun ke depan,” ujarnya.
Dia mengatakan, apa yang menjadi aspirasi dari rakyat sudah menjadi harga mati baginya untuk tetap diperjuangkan, sebab untuk bisa duduk di parlamen tidak lepas dari andil besar rakyat.”Rakyat sudah percaya,itu berarti kami siap untuk bekerja bagi mereka,” ujar politisi Partai Demokrat ini. (Humas-Kominfo).

Post a comment

Print your tickets