Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Inspektorat Mamteng Gelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar Dan Pengendalian Gratifikasi

KOBAKMA-Dalam rangka meningkatkan profesionalisme kinerja di internal ASN, Inspektorat Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar Dan Pengendalian Gratifikasi Bagi Bendahara dan Pimpinan OPD Kobakma selasa, (8/12/20).

Acara pembukaan sosialisasi di Aula Bogo di awali dengan Laporan kegiatan dari Inspektur Mamberamo Tengah Abraham Ayhuan, M.Pd. Dalam laporannya Inspektur Mamberamo Tengah memaparkan maksud dan tujuan sosialisasi ini antara lain Meningkatkan pemahaman tentang tindak pidana Korupsi dan tertangguhnya praktek pungli yang dilakukan oleh ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terbangunya mindset ASN bersikap tegas untuk menolak segala bentuk pungli serta penyalahgunaan wewenang pimpinan OPD dan bendahara di lingkungan Organisasi Perangkat Kerja.

“Acara sosialisasi ini bagian dari tindak lanjut perjanjian kerjasama antara pemerintah kabupaten Mamberamo Tengah, Kejaksaan Negeri Jayawijaya dan Kepolisian Resort Mamberamo Tengah Nomor. 199/083/PKS/BUP tanggal 20 Agustus 2018 tentang Koordinasi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam penanganan laporan/Pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Mamberamo Tengah”, Lanjut Inspektur Abraham Ayuhuan.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Mesir Yikwa, S. AP mewakili Bupati Mamberamo Tengah berkesempatan untuk membuka acara sosialisasi sapu bersih pungutan liar dan pengendalian gratifikasi memberikan sambutan mengingatkan pentinya pemahaman tentang perilaku tindak pindana korupsi dan pungli atau gratifikasi di kalangan ASN dalam pelayanan publik, tuturnya.

Yang menjadi narasumber pada acara sosialisasi ini Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya yang diwakili oleh Kepala Seksi pengendalian Barang Bukti dan Rampasan Kejaksaan Negeri Jayawijaya Nurmin, SH dan Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Simos Sahireka. Acara sosialisasi berlangsung selama satu hari ini dihadiri oleh pabung Koramil Mamberamo Tengah, Danton Brimob Mamberamo Tengah, Komandan Satgas Ops Mamberamo Tengah, pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah.

Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar dan Pengendalian Gratifikasi ini Juga menuai apresiasi dari Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah. “Acara sosialisasi ini sangat penting dan pertama kali dilakukan sehingga menyampaikan terima kasih kepada inspektur dan stafnya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena keberhasilan tata kelola pemerintahan yang bersih tergantung pada tingkat pemahaman ASN tentang tata cara dalam  penyediaan layanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait”, kata Mesir Yikwa sebelum menutup acara sosialisasi ini.

Bagikan melalui: