Semangat Bhineka Tunggal Ika Warnai Perayaan Natal di Mamberamo Tengah

KOBAKMA-Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah tetap menggelar perayaan Natal bersama ASN,TNI-POLRI dan masyarakat di Gereja Bethel Kobakma, ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah, Selasa (15/12) lalu.
Perayaan Natal tahun ini terbilang unik sebab menghadirkan panguyuban-pangguyuban yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah mulai dari Lapago, Meepago, Tabi, Bomberay dan Maluku, NTT, Sulawesi Tenggara, Jawa, Toraja dan Batak.
Mereka tampil membawakan kidung pujian Natal dengan bahasa daerah masing-masing. Tidak hanya itu, anggota TNI-POLRI juga menyumbangkan lagu-lagu Natal. 
Bahkan, umat islam juga ambil bagian dengan ikut bergabung dalam vokal grup dari masing-masing pangguyuban dan TNI-POLRI. Semangat bhineka tunggal ika nampak dalam perayaan Natal tahun ini.
Selain dihadiri ASN, masyarakat dan TNI-POLRI hadir pula Bupati Ricky Ham Pagawak (RHP), Wakil Bupati Yonas Kenelak, Sekda Mesir Yikwa dan Muspida. Ibadah Natal yang mengusung tema Mereka akan Menamakan Dia Imanuel dipimpin Pendeta Kato Mauri.
Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan, semua panguyuban pada Natal tahun ini mengambil bagian untuk bernyanyi lagu Natal dengan bahasa daerah masing-masing dan menggunakan pakaian adat. 
“Ini menandakan bahwa kami di Mamberamo Tengah ada dan satu dalam kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, walaupun berbeda-beda tetapi satu. Juga anggota TNI-POLR yang tampil dengan pakaian dinasnya juga ikut ambil bagian,” ujarnya.
Menurut Bupati RHP, hal ini juga menjadi luar biasa sebab saudara-saudara muslim ikut mengambil bagian. Untuk itu,apa yang sudah dilakukan ini ditingkatkan lagi. “Apa yang dilakukan ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Tanah Papua,bahwa tidak ada perbedaaan diantara kita,” katanya.
Bupati dua periode ini mengatakan, ini juga sesuai dengan moto Kabupaten Mamberamo Tengah yaitu Nabua Kabuwa Yabueruwok yang artinya membangun dalam kasih, karena dalam kasih tidak membeda-bedakan suku, bahasa dan juga warna kulit. 
Bupati RHP berpesan, agar di masa pandemik Covid-19 ini, masyarakat Mamberamo Tengah tetap menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari virus ini. Pemerintah daerah sendiri tetap melakukan upaya pencegahan virus corona.
Ketua Panitia Abraham Ahyuan mengatakan, bersyukur perayaan Natal dapat berjalan dengan baik, walaupun waktu persiapan terbilang singkat, hanya satu minggu.
“Itu tidak terlepas dari kerja keras dan kerja sama semua seksi yang ada sehingga perayaan Natal bisa berjalan baik dan berlangsung meriah,” ujarnya.
Menurutnya, Perayaan Natal ini menjadi suka cita bagi semua orang yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah, sebab seluruh suku yang ada tampil untuk memuji Tuhan dengan kidung pujian Natal termasuk anggota TNI-POLRI dan juga saudara-saudara yang beragama Islam. 
“Kami di Mamberamo Tengah adalah Bhineka Tunggal Ika dari NKRI, kita ada disini untuk kemuliaan nama Tuhan.kita bekerja dengan hati yang sungguh untuk masyarakat Mamberamo Tengah,”ucapnya.(Release-Humas).

Bagikan melalui: