Dinas Koperasi dan UKM Mamteng Bina Kelompok Usaha Produk Lokal

KOBAKMA-Guna menggerakkan perekonomian masyarakat kecil dan mengupayakan produk lokal diterima di pasaran, dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Mamberamo Tengah melakukan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok pengusaha produk lokal, Kobakma Rabu (16/12/20).

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Mesir Yikwa, S.AP, dalam sambutannya mengatakan dinas Koperasi dan UKM merupakan OPD yang banyak mewadahi dan bersentuhan dengan produk-produk lokal sehingga pelatihan ini dilakukan tepat sasaran, namun manfaat dari pelatihan ini ada pada peserta untuk itu mengikuti materi dengan baik hingga selesai. “Minimal setelah mengikuti kegiatan ini para pengusaha produk lokal mempunyai gambaran tentang mengatur, menjual produk-produk lokal kepada pembeli”,ujarnya.

Yang menjadi narasumber pada pelatihan ini adalah Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sunuadi Santosa, S.Pd, dalam paparnya mangatakan program pelatihan ini, akan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai berwirausaha produk lokal kepada kelompok pengusaha orang asli Papua (OAP). Meningkatkan kesadaran kelompok pengusaha OAP akan potensi ekonomi lokal yang ada di dalam masyarakat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, umbi-umbian dan buah-buahan yang ada di masyarakat, Kata Sunuadi. 

Sementara kepala Dinas Koperasi dan UKM Akwi Baminngen, ST., M.Si dalam laporannya mengatakan kabupaten Mamberamo Tengah merupakan salah satu daerah otonom di provinsi papua, sehingga komitmen pemerintah daerah melakukan program pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan, melalui optimalisasi pemanfaatan potensi ekonomi lokal. Oleh karena itu tujuan kegiatan ini untuk mendorong kelompok pengusaha OAP yang khusus berusaha produk lokal agar memiliki kemampuan mengenali produk lokal, menentukan cara memproduksi produk lokal, menyusun operasi untuk pengadaan produk lokal dan memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya, ujarnya.

Bagikan melalui: